Selasa, 01 Maret 2016

Jam Tangan Analog Milik Komandan Appolo Di Lelang

Semua orang pasti tau sejarah manusia yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan. Orang yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan adalah pasukan Appolo Amerika serikat. Dan tahukah anda, ternyata komandan Appolo membawa jam tangan saat perjalanan ke bulan. Dan kini jam tangan tersebut di lelang.
Yuk kita simak jam tangan seperti apa yang sudah ikut dalam perjalanan ke bulan.

Misi penjelajahan Apollo 15 ke bulan menyisakan sejumlah artifak yang nilainya sangat berharga. Walaupun benda-benda berharga tersebut dimiliki oleh pemerintah Amerika, tapi benda-benda dari Bumi yang ikut mendarat di Bulan bersama para astronotnya tersebut kini ada yang di lelang secara terbuka dengan harga yang cukup fantastis.


Artefak yang dimaksud merupakan sebuah arloji pribadi milik komandan misi Apollo 15 pada tahun 1971, yakni David Scott. Jam tangan klasik merek Boluva Chronograph tersebut dijadwalkan akan mulai dilelang oleh RR Auction Space and Aviation Auction pada 15 s/d 22 Oktober mendatang.

Sebagai catatan, sebenarnya para astronot NASA dalam misi Apollo 15 ini datang ke bulan dengan mengenakan jam tangan Omega Chronograph. Tapi sayangnya arloji tersebut merupakan hak milik pemerintah sehingga tidak boleh dijual dan hanya disimpan di museum dan institusi pemerintah saja.

Mengenai Boluva Chronograph model 88510 milik Scott ini berbeda. dalam keterangannya, jam tangan ini di bawa oleh David sebagai arloji cadangan untuk berjaga-jaga kalau saja Omega Chronograph yang dikenakannya rusak atau hilang selama ekspedisi bulan.

Dan ternyata persiapakn David ini terbilang tepat, pasalnya ketika Apollo 15 melakukan extra vehicular activities (EVA) kedua, atau lebih tepatnya pada 1 Agustus 1971, seluruh Tim melakukan pengeboran permukaan Bulan untuk mengambil beberapa sampel dari tempat tersebut.

Setelah selesai, David menyadari jika kristal hesalite atau bagian kaca penutup arloji Omega Chronograph yang digunakannya menghilang. Alhasil, mereka pun kemudian menggantinya dengan Boluva Chronograph yang sudah dipersiapkannya di Lunar Module.


Setelah itu, arloji Boluva Chronograph tersebut akhirnya ikut terfoto Hadley Delta bersama dengan bendera Amerika Serikat (AS). Tidak hanya itu, arloji ini pun kembali terekam video dalam sebuah vdeio fenomenal berjudul eksperimen martil dan bulu.

Arloji ini sendiri berada di luar angkasa selama 4 jam, 49 menit, dan 50 detik sepanjang EVA. Dan sekarang, bentuknya sendiri sudah banyak dihiasi dengan goresan dan debu. Tapi pihak panitia lelang memastikan jika keseluruhan jam tangan ini masih orisinal, dan akan ditawarkan ke peserta lelang dengan harga awal USD 50.000 atau setara dengan Rp 715 juta.

Gimana??? Apa ada yang minat dengan jam tangan tersebut??
Lumayan walau tak ikut ke bulan tapi punya jam tangan bersejarah yang pernah di bawa ke bulan.

Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *