Senin, 07 Maret 2016

Tips Mengganti Baterai Jam Tangan Analog


Anda yang tidak bisa lepas dari pemakaian jam tangan di setiap kegiatan anda, pasti menjadi hal yang membosankan jika jam tangan anda tiba-tiba habis baterai dan mati. Namun bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membawa jam tangan anda ke tempat service jam tangan, anda bisa mengganti Baterai Jam tangan sendiri seperti cara berikut :

1. Pertama Baliklah jam tangan dengan bagian yang di belakang menghaadap ke atas. Letakkanlah pada alas yang lembut dibagian bawah permukaan. Bisa dengan memakai handuk atau kain yang tak berserat.


2. Lepaskanlah penutup (cover) belakang. Nah, beberapa jam tangan, biasanya penutup akan bisa terbuka hanya dengan menggunakan obeng datar (minus) yang ukurannya sangat kecil maupun sekrup pada bagian penutup.

3. Periksalah tepi penutup (cover) belakang. Bila ada 1 lubang (celah kecil) sepanjang tepi (pinggiran) penutup maka itu artinya cover bisa dilepas. Gunakanlah pembuka casing khusus arloji bila Anda memilikinya, ataupun memakai pisau dapur yang tumpul atau obeng (-) minus buat mencongkelnya.

4. Apabila ada sekrup, maka penutup akan bisa lepas sehabis sekrup tadi dilepas. Lepaslah semua sekrup yang mengikat penutup belakang.

5. Sesudah terbuka lepaskanlah gasketnya perlahan secara hati-hati. Di sebuah jam tangan akan terdapat gasket dari bahan karet pada sekeliling mesinnya.


6. Temukanlah baterainya. Nah, Baterai jam tangan umumnya berbentuk bulat, logam mirip pil obat dan mengkilap. Tentunya hal ini bervariasi ukurannya tetapi kemungkinan besar yakni kurang lebihnya berukurani 3/8 inchi (9.5mm) serta lebih besar 1/4 inchi (6mm) buat diameternya.


7. Baterai ini biasanya menacap disertai penutup, klip atau sekrup.
8. Lepaslah Baterainya. Apabila baterai menancap menggunakan penutup & sekrup, lepaskanlah sekrup ini menggunakan obeng yang ukurannya sangat kecil. Pda langkah ini berhati-hatilah saat melepas sekrup & letakkanlah penutupnya ke samping. Lepaskanlah baterai & sisihkan buat di ganti.


9. Gunakanlah pinset bila Anda mengalami kesulitan. Pakailah pinset berbahan plastik guna menghindari resiko rusaknya komponen dikarenakan adanya tegangan listrik statis.

10. Bila ada klipnya, tekanlah baterainya kearah bawah (tentu harus hati-hati) mekanismenya layaknya tombol & baterainya pun akan mencuat sesudah ditekan.

11. Perhatikanlah secara seksama bagian-bagian dari baterai yang keluar. Hal Ini buat menghindari pemasangan baterai terbalik.

12. Perhatikanlah juga Jenis baterainya. Karena biasanya baterai jam itu dibedakan berdasarkan nomor atau angka yang tertera. Umumnya terdiri 3 – 4 digit angka contohnya 324 ataupun 3467 serta bila ada tanda plus (+) itu berarti sisi ini adalah yang bertegangan listrik positif.
Belilah baterai pengganti. Bisa membelinya di toko jam tangan terdekat ataupun khusus reparasi jam.

13. Pasanglah baterai baru.
14. Cek jam tangan. Pastikanlah ketika baterai sudah terpasang arloji bisa kembali bekerja semestinya.

15. Pasanglah gasket kembali.
16. Tutuplah bagian belakang (cover) & jam tangan pun bisa digunakan kembali.
17. Apabila perlu bersihkanlah jam tangan sesudah mengganti baterai dikarenakan kemungkinan banyak bekas noda jari yang tertinggal.

Demikianlah tips mengganti baterai jam tangan analog yang anda miliki. Semoga bermanfaat dalam memperbaiki jam tangan anda. Terimakasih.

Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *